Dalam kehidupan sehari-hari, di alam sekitar
sering kita temui sesuatu yang membentuk pola yang teratur. Pola-pola itu dapat
dimodifiksi menjadi kajian matematika yang menarik. Berikut beberapa contohnya
:
Gambar pola noktah dan poligon segi n.
Pada pola
noktah, suku pertama berisi 1 noktah, suku kedua 7 noktah dan pola suku ketiga
19 noktah. Dapatkah kalian melanjutkan untuk suku berikutnya? Berapa noktah
suku berikutnya?
Selanjutnya untuk barisan poligon segi n, tanpa
memperhatikan warnanya, pasti kalian bisa menyebutkan atau melukiskan poligon
berikutnya.
Gambar Pola batik Pekalongan.
Pada Pola Batik Pekalongan kalian bisa melihat
bagian yang berkotak mendatar warna kuning. Terlihat ada motif yang berbaris
secara teratur dan berpola. Secara berurut terlihat motif warna biru muda,
warna merah lalu warna biru tua. Begitu seterusnya dan berulang-ulang. Jika
motif-motif itu diberi nomor, maka biru muda nomor 1, merah nomor 2 dan biru
tua nomor 3. Dapatkah kamu menerka, motif warna apakah pada nomor 16?
Coba kalian perhatikan pada kotak tegak warna putih. Di situ
juga terdapat motif berpola sebagaimana pada kotak mendatar.
Selain gambar-gambar di atas, kalian juga bisa melihat video pembelajaran
sederhana tentang pola bilangan berikut :
Jika kalian sudah bisa memahami pola pada gambar-gambar di
atas apalagi bisa menghitungnya, berarti kalian sudah mulai mengerti tentang
pola dan barisan bilangan.
Sekarang perhatikan pola pita dua warna berikut :
Perhatikan bahwa warna pada pita tersebut membentuk pola yang
teratur. Dapatkah kalian menemukan warna pita pada angka ke 100 tanpa
melanjutkan gambar pita tersebut? Anggap bahwa pita tersebut dapat diperpanjang
sesuai kebutuhan.
Sudahkah kalian menemukan ciri-ciri bilangan pada
masing-masing warna pita ? Betul sekali dugaan kalian, bahwa warna pita
tersebut mengikuti pola ganjil dan genap. Setiap angka genap, menempati pita
warna merah. Dan setiap angka ganjil, menempati posisi pita warna putih. Dengan
demikian, karena 100 adalah bilangan
genap, maka pita dengan angka 100 berwarna merah.
Jika angka-angka pada pita warna putih kalian kumpulkan,
jadilah barisan bilangan : 1, 3, 5, 7, ....
Barisan bilangan yang terbentuk disebut barisan bilangan ganjil.
Sedangkan angka-angka pada pita warna merah, yaitu 0, 2, 4, 6, 8, .... Barisan
bilangan yang terbentuk disebut barisan bilangan genap.
Selanjutnya perhatikan pita dengan tiga warna berikut :
Contoh 1 : Dapatkah kalian menemukan, apa warna pita pada
angka 2019? Untuk mengetahui jawabnya, perhatikan uraian berikut .
Jika disusun dalam tabel, barisan bilangan pada pita tiga
warna adalah sebagai berikut
Merah
|
0, 3, 6, 9, 12, ....
selisih masing-masing suku adalah 3
|
Putih
|
1, 4, 7, 10, 13, ....
selisih masing-masing suku adalah 3
|
Biru
|
2, 5, 8, 11, 14, ....
selisih masing-masing suku adalah 3
|
Karena semua berselisih 3, maka dapat ditelaah sebagaimana
dalam tabel berikut:
Merah
|
Putih
|
Biru
|
|||
Pola bilangan
|
Uraian
|
Pola bilangan
|
Uraian
|
Pola bilangan
|
Uraian
|
0
|
0 = 3X0 + 0
|
1
|
1 = 3X0 +1
|
2
|
2 = 3X0 + 2
|
3
|
3 = 3X1 + 0
|
4
|
4 = 3X1 + 1
|
5
|
5 = 3X1 + 2
|
6
|
6 = 3X2 + 0
|
7
|
7 = 3X2 + 1
|
8
|
8 = 3X2 + 2
|
dst
|
Dengan mengikuti pola dalam tabel di atas, maka 2019 = 3X673 +
0. Kesimpulan 2019 warna merah. Selanjutnya cobalah kalian cari aturan pada
pola pita tiga warna tersebut.
Contoh 2: Perhatikan
soal berikut: Temukan kelompok tiga bilangan genap berurutan yang jumlahnya 60.
Untuk menjawabnya, perhatikan tabel berikut:
Kelompok 1
|
2 + 4 + 6 = 12
|
Bilangan terkecil 2
; 2 = 2X1 ; jumlah 12 = 3 X (2X1 + 2) = 3 X bilangan tengah
|
Kelompok 2
|
4 + 6 + 8 = 18
|
Bilangan terkecil 4 ; 4 = 2X2 ; jumlah 18 = 3 X (2X2 + 2 =
3 X bilangan tengah
|
Kelompok 3
|
6 + 8 + 10 = 24
|
Bilangan terkecil 6 ; 6 = 2X3 ; jumlah 24 = 3 X (2X3 + 2) =
3 X bilangan tengah
|
Kelompok 4
|
8 + 10 + 12 = 30
|
Bilangan terkecil 8 ; 8 = 2X4 ; jumlah 30 = 3 X (2X4 + 2) =
3 X bilangan tengah
|
Kelompok 5
|
10 + 12 + 14 = 36
|
Bilangan terkecil 10 ; 10
= 2X5; jumlah 36 = 3 X (2X5 + 2) = 3 X bilangan tengah
|
Dst
|
Mengikuti pola dalam tabel di atas, maka 60 = 3 X (2X9 + 2)
sehingga 60 = 18 + 20 + 22. Selanjutnya cobalah kalian cari aturan dari
persoalan di atas!
untuk memperdalam pemahaman kalian, silakan kerjakan lembar kerja berikut:
social media